1 Tahun = 12 bulan = 365 Hari = 8760 Jam = 525600 Menit = 31536000 Detik

Manajemen Waktu
Manajemen Waktu

1 Tahun = 12 bulan = 365 Hari = 8760 Jam = 525600 Menit = 31536000 Detik....,ini rumus logis perhitungan waktu dalam setahun. Rumus ini pula yang selalu saya jadikan alat untuk membantu me-manajemen waktu. 

Detik

Terlambat sedetik sangat menyakitkan bagi para pemain bola. Telat sedetik saja, satu peluang gol akan sia-sia. Detik juga sangat berarti bagi para pemabalap. Contoh MotoGP atau Formula1. Mereka menjadi urutan berikutnya hanya karena terpaut seper sekian detik dari kontestan di depannya.

Menit

Terlambat semenit sangat mengecewakan bagi para calon penumpang kereta atau transportasi lainnya. Mereka harus tertinggal di stasiun dan atau di Bandara. Detik juga sangat berharga bagi para mahasiswa yang terlambat memasuki ruang dan akhirnya tak boleh mengikuti ujian. Atau masih ingat, ketika kita terlambat upacara pada saat Sekolah Dasar, Pertama dan Atas, kita akan dihukum karena terlambat atau para wartawan yang telat mengumpulkan beritanya.

Jam

Jam sangat berarti bagi para anggota-anggota DPR dalam menyusun undang undang. Atau para pembuat naskah perfilman yang harus menyelesaikan naskah dalam kurun waktu beberapa jam saja. Begitupun para pendaki gunung yang berkejaran dengan waktu sampai ke tujuan sebelum cahaya matahari terbenam. Para pendaki membutuhkan matahari, ketika mendirikan tenda masih ada tambahan cahaya dan juga membantu menghangatkan tubuh.

Hari 

Hari angat berarti bagi para pelaut ketika mengarungi samudera. Satu hari sangat berarti untuk dimanfaatkan para orang sibuk saat berakhir pekan. Hari sangat berarti pula bagi orang-orang sakit untuk segera sembuh dari penyakitnya. Satu hari pula sangat berarti saat jendela transfer pemain bola akan ditutup.

Bulan

Bulan sangat berarti bagi para pemain bola dengan klubnya ketika memperbaharui kontraknya atau mengakhiri kontraknya. Bulan juga sangat berarti bagi para tersangka (yang kemungkinan tak bersalah) untuk mencari bahan pembelaan diri. Bulan juga sangat berarti bagi para calon pasutri untuk mempersiapkan diri menuju pernikahan, mulai dari persiapan acara, mental, fisik.

Tahun 

Tahun sangat berarti bagi para pejabat untuk merealisasikan programnya, atau para pelajar untuk mempersiapkan diri menuju ujian Nasional (ujian akhir). Tahun juga sangat berarti bagi para kontraktor untuk merealisasikan dengan segera proyek - proyeknya.

Hal-hal di atas hanyalah sebagian contoh kecil dari pentingnya manajemen waktu. Masih banyak contoh-contoh lainnya. Hal yang paling penting adalah bagaimana memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. 

Waktu akan terus berlalu dengan hitungan yang tetap (1 Tahun = 12 bulan = 365 Hari = 8760 Jam = 525600 Menit = 31536000 Detik), dan waktu tidak akan kembali. Menyoal waktu juga menyoal pemanfaatan momentum. Banyak momentum yang harus lewat karena kurang sensitifnya kita memanfaatkan waktu, atau juga karena itu kita tidak mampu menciptakan momentum.

Banyak waktu yang habis percuma di rental-rental game, di warnet-warnet, di warung-warung kopi, di tempat tidur, di tempat-tempat nongkrong dan tempat-tempat lainnya. Sadarkah kita? Padahal banyak yang dapat kita lakukan demi mengejar impian demi mengejar ambisi.

Jadi, bila Anda seorang mahasiswa maka manfaatkanlah waktu untuk berorganisasi, belajar, melakukan penelitian-penelitian, atau jangan lupa mengabdikan diri kepada masyarakat. Di luar sana banyak yang telah menantikan pengabdian Anda.

Bila Anda seorang pengusaha, manfaatkanlah waktu untuk memikirkan pemaksimalan bisnis, atau melakukan aktifitas-aktifitas menguntungkan.

Bila Anda seorang pejabat pemerintahan, manfaatkanlah waktu, karena banyak yang menunggu usaha Anda berkembang agar mereka ikut sejahtera. Bergeraklah karena banyak yang menunggu kebijakan-kebijakan Anda.

Bagi Anda seorang guru atau dosen, manfaatkanlah waktu Anda. Dunia pendidikan butuh kecemerlangan Anda dalam pengembangan karakter manusia Indonesia.

Bagi Anda para olahragawan, waktu akan membuat Anda mampu untuk menjadi olahragawan hebat. Berlatihlah dan Kembangkan diri Anda. Sangat dinantikan prestasi-prestasi Anda.

Berkaryalah untuk kehidupan.

Malang, 12 Februari 2012

Rahmat Al Kafi,

6 komentar: